Dalam Rangka Menyukseskan Posyandu ILP, Puskesmas Prajekan Mengadakan Pembinaan Kader di Ponkesdes Prajekan Lor.

Petugas Promkes bersama perawat dan bidan serta didampingi oleh nutrisionis, melaksanakan kegiatan pendampingan kader di ponkesdes Prajekan Lor pada hari Senin (7/10/24). Kegiatan yang dihadiri oleh 20 orang kader posyandu di desa Prajekan Lor ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu, meningkatkan pelayanan posyandu integrasi layanan primer (ILP), serta meningkatkan peran kader sebagai ujung tombak dalam pelayanan kesehatan di masyarakat.

Kegiatan ini diisi dengan pemaparan tentang posyandu ILP kepada kader. Selain itu, kader juga melakukan praktek posyandu ILP seperti pengukuran antropometri, skrining indra pengelihatan, dan skrining indra pendengaran. Selain itu, disampaikan juga mengenai kemampuan dasar kader posyandu.

Kemampuan kader kesehatan pada saat ini ditandai dengan tanda kecakapan kader kesehatan yang memiliki memiliki 25 keterampilan dasar yang terbagi dalam 3 tingkatan kecakapan yaitu Purwa, Madya, dan Utama. Kader Purwa wajib menguasai 2 kompetensi dasar pengelolaan Posyandu dan juga pelayanan balita serta ditambah 1 kemampuan dasar lain pilihan. Kader madya wajib menguasai 3 kompetensi dasar pengelolaan Posyandu dan pelayanan balita serta layanan ibu hamil, ibu menyusui serta ditambah 1 kemampuan dasar lain pilihan. Selanjutnya, kader utama wajib menguasai seluruh kompetensi dasar pengelolaan Posyandu dan pelayanan seluruh siklus hidup.

Share Berita Ini