Cegah AKI dan AKB, Puskesmas Prajekan Mengadakan Kelas Ibu Hamil

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar bagi para calon ibu tentang kesehatan bagi ibu hamil secara keseluruhan. Kegiatan yang berlangsung pada bulan September ini bertempat di balai desa dan Pustu/Ponkesdes di wilayah Kecamatan Prajekan. Tujuan diadakannya kelas ini adalah mengedukasi ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan lancar, serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan bekal pengetahuan dasar. Selain itu, Kelas ibu hamil bertujuan mengedukasi para calon orangtua beserta keluarga agar dapat mempersiapkan proses kehamilan dan persalinan yang sehat. Jadi, keberhasilan proses persalinan dan tahap awal kehidupan bayi tidak hanya menjadi tanggung jawab ibu dan tenaga kesehatan saja, tetapi juga keluarga terutama suami. Dengan demikian, diharapkan kasus kematian ibu dan kematian bayi dapat dicegah.

Sasaran peserta kelas ibu hamil adalah ibu hamil pada umur kehamilan 4 sampai 36 minggu karena pada umur kehamilan ini kondisi ibu sudah kuat beserta suami atau keluarga pendamping. Materi pada kelas ibu disampaikan oleh Dokter, Dokter Gigi, Bidan, Petugas Gizi, Petugas Promkes, Sanitarian serta pemeriksaan laboratorium oleh petugas laborat.  Kelas ibu hamil biasanya dilakukan dalam 4 kali pertemuan selama masa kehamilan.

Setelah pemaparan materi oleh bidan desa, dilakukan diskusi tanya jawab dengan peserta. Pada setiap akhir pertemuan dilakukan senam hamil. Senam hamil ini merupakan kegiatan/materi ekstra di kelas ibu hamil, diharapkan dapat dipraktekan setelah sampai di rumah.

Share Berita Ini